Submissions

Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT SURAKARTA ABDIMAS JOURNAL

  1. Pendahuluan

Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat “SURAKARTA ABDIMAS JOURNAL” (SAJ) diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Universita Surakarta (UNSA). Jurnal ini bertaraf nasional yang memiliki fokus utama pada pengembangan ilmu-ilmu di bidang pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari publikasi jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual atau ide-ide yang telah dicapai di bidang pengabdian kepada masyarakat. Dewan redaksi Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat SAJ mengajak Anda mengirimkan artikel untuk dipublikasikan dalam jurnal ini. 

  1. Panduan Umum Artikel

Pedoman umum naskah naskah adalah sebagai berikut:

  1. Naskah adalah hasil pengabdian kepada masyarakat asli yang belum dipublikasikan di media publikasi atau penerbitan lainnya.
  2. Naskah tidak mengandung unsur plagiarisme. Dewan redaksi akan langsung menolak teks yang menunjukkan plagiarisme.
  3. Naskah penulisan naskah pedoman dan template bisa diunduh. Template dan pedoman penulisan artikel tersedia dalam format MS Word (.doc).
  4. Naskah tersebut harus berisi beberapa aspek dari sebuah artikel ilmiah sebagai berikut: (sub judul sebagai urutannya), yaitu: (a) judul artikel, (b) nama pengarang (tidak ada judul akademis), (c) Alamat penulis yang diilustrasikan, (d) email pengarang (e) abstrak dan kata kunci, (f) pendahuluan, (g) pelaksanaan dan metode, (h) hasil dan pembahasan, (i) penutup, dan (j) daftar pustaka.
  5. Hindari penggunaan sub judul di dalam tubuh artikel. Jika terdapat sub judul, maka sub judul ditulis dalam format huruf tebal dan huruf kapital pada awal kata. Menggunakan alignment teks kiri tanpa garis bawah.
  6. Naskahnya bisa ditulis baik dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan bahasa standar. Artikel itu terdiri dari tujuh (7) sampai lima belas (15) halaman termasuk gambar dan tabel. Naskah harus ditulis sesuai dengan template artikel. Artikelnya ditulis pada kertas berukuran A4 (210x297 mm), dengan margin kustom sebagai berikut: kiri 20 mm, kanan 20 mm, bawah 25 mm dan atas 30 mm.
  7. Kata-kata dari bahasa asing atau bahasa asing dinyatakan dalam format Italic. Untuk artikel dalam Bahasa Indonesia, istilah atau kata-kata asing harus dihindari. Setiap paragraf mulai 10mm dari sisi kiri perbatasan sementara tidak ada spasi antar paragraf. Semua nomor ditulis dalam format penomoran Arab, kecuali kalimat baru.
  8. Tabel dan gambar ditempatkan pada kelompok teks setelah tabel atau gambar yang direferensikan. Setiap gambar harus diberi judul di bawah gambar dan diberi nomor dalam format penomoran Arab yang diikuti oleh judul gambar. Setiap tabel harus diberi judul dan diberi nomor dalam format penomoran Arab di atas tabel diikuti dengan judul tabel. Gambar lampiran harus dapat dicetak dengan baik (ukuran font, resolusi dan ruang garis terlihat jelas). Gambar, tabel, dan bagan harus ditempatkan di tengah antara kelompok teks. Jika memiliki ukuran lebih besar, bisa diletakkan di tengah halaman. Tabel tidak boleh berisi garis vertikal, sedangkan garis horisontal hanya diijinkan untuk titik penting.
  1. Panduan Khusus Artikel

Judul (Title): Center, Bold, Times New Roman ukuran 14, Maksimum 14 kata, Huruf awal setiap kata adalah Huruf Kapital

Nama penulis (Name of Author's): diketik di bawah judul dengan font Times New Roman, ukuran 12 tanpa gelar dan tidak boleh disingkat. Di bawah nama penulis, harus ditulis bidang keahlian/jurusan, nama lembaga, dan alamat e-mail, font Times New Roman, ukuran 11.

Abstrak (Abstract): Abstrak merupakan ringkasan isi laporan atau makalah yang ditulis dengan singkat dan padat serta jelas. Abstrak terdiri dari 100 hingga 250 kata. Penulisan abstrak ditulis menggunakan paragraf justify atau rata kiri dan kanan. Untuk segala istilah asing, dituliskan dalam format cetak miring. Isian dalam abstrak harus informatif, menjelaskan masalah yang diangkat serta solusi yang diperoleh.

Kata kunci (keywords): Kata Kunci terdiri dari 3-5 kata yang berhubungan dan mewakili isi dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan. Dipisahkan dengan tanda titik koma

Pendahuluan (Introduction): diketik dengan huruf kapital [font Times New Roman, ukuran 11, Bold]. Artikel dibuat menggunakan Microsoft Word/ Open Office, spasi 1,5, ukuran font adalah 11pt, jenis font adalah Times New Roman, dan berkisar antara 6-12 halaman. Pendahuluan dituliskan tanpa sub judul yang memuat penjelasan latar belakang hingga tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Apabila terdapat istilah dalam Bahasa asing, maka dituliskan dalam format italicSilakan uraikan hal-hal yang menjadi masalah yang diangkat dalam kegiatan pengabdian masyarakat. Pada akhir pendahuluan, uraikan tujuan dari pengabdian kepada masyarakat yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian anda.

Metode (Methods): menggambarkan pendekatan penelitian yang digunakan, objek, variabel atau fokus penelitian, lokasi penelitian, populasi dan sampel/informan, instrumen, teknik pengumpulan data, teknik analisis data. Urutan menuliskan metode disesuaikan dengan jenis penelitian [font Times New Roman, ukuran 11, normal].

Hasil dan Pembahasan (Result and Discussion): hasil penelitian memaparkan hasil riset apa adanya/jujur, hasil representative mewakili temuan dan mengarahkan ke pembahasan, memuat tabel, grafik/diagram yang diberikan penjelasan agar pembaca mudah mengerti. Hasil ditulis mengikuti metode. Bagian diskusi terpisah dari hasil, sehingga pembahasan tidak mengulangi hasil. Pembahasan menggambarkan fenomena yang diperoleh dari hasil riset, menghubungkan dengan sumber referensi yang relevan. Diskusi berisi: apa arti dari riset, sehingga asumsi dasar apakah hasil penelitian menguatkan hasil penelitian sebelumnya, memperbaiki atau bahkan bertolak belakang. Jika temuannya bertolak belakang, maka penulis harus meyakinkan pembaca bahwa temuan ini lebih baik dari yang ada [font Times New Roman, ukuran 11, normal].

Kesimpulan dan Saran (Conclusion and recommendation for future): ringkasan dari permasalahan penelitian, tujuan dan solusi yang ditawarkan. Akhir kesimpulan menyertakan kontribusi penelitian pada bidang ilmu secara keseluruhan (terkini). Saran untuk penelitian selanjutnya adalah hal-hal yang bisa dilakukan peneliti lain untuk memperbaiki penelitian anda. Tidak  mengulangi hasil riset, abstrak atau disajikan dengan sangat datar [font Times New Roman, ukuran 11, normal].

Ucapan Terima Kasih (Acknowledgments): Jelaskan siapa saja yang secara langsung membantu penelitian anda seperti penyandang dana (lembaga yang disebut non-pribadi), kolega (bukan anggota peneliti), tata bahasa (proofreaders), dan reviewers yang memberikan saran konstruktif. Tidak mencantumkan nama yang tercantum dalam list penulis artikel.

Referensi (References): Penulisan referensi atau daftar Pustaka WAJIB dituliskan menggunakan Reference Manager Software, seperti Mendeley, Zotero, dengan format APA, font Times New Roman size 10. Referensi yang digunakan merupakan jurnal ilmiah nasional atau internasional, buku yang terbaru, hasil riset, prosiding, laporan pengabdian masyarakat, atau paten dalam kurun waktu sekurang-kurangnya 5 tahun terakhir.

 

  1. Panduan Artikel Online Submission

Naskah naskah harus diserahkan oleh salah satu dari dua sistem (prosedur kedua lebih disukai):
1. Dokumen harus diserahkan oleh Online Submission System di Jurnal Surakarta Abdimas Journal.

  1. Pertama, penulis harus mendaftar sebagai penulis atau reviewer (memeriksa peran sebagai penulis atau reviewer) di "Register".
  2. Setelah langkah registrasi selesai, masuk sebagai penulis, klik "New Submission". Tahap penyerahan artikel terdiri dari lima tahap, yaitu: (1). Mulai, (2). Upload Submission, (3). Masukkan Metadata, (4). Upload File Tambahan, (5). Konfirmasi.
  3. Di kolom "Start", pilih Section Journal (Full Article), periksa semua daftar periksa.
    5. Di kolom "Upload Submission", upload file artikel dalam format MSWord di kolom ini.
  4. Pada kolom "Enter Metadata", isi dengan semua data dan afiliasi penulis. Termasuk Judul Jurnal, Abstrak dan Kata Kunci Pengindeksan.
  5. Di kolom "Upload Supplementary Files", penulis diperbolehkan mengunggah file pelengkap, surat pernyataan, atau yang lain lainnya.

8. Di kolom "Konfirmasi", jika data yang Anda masukkan sudah benar, klik "Finish Submission".
9. Jika penulis mengalami kesulitan dalam proses penyampaian melalui sistem online, silahkan hubungi tim editorial Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Surakarta Abdimas Journal (SAJ)

Articles

Section default policy

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.