ANALISIS OPTIMASI BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF (Studi Kasus: Gedung Rumah Sakit Jiwa Jurug)

Authors

  • Silvia Yulia Ratih
  • Rahayu Ningsih Universitas Surakarta
  • FA. Luky Primantari Universitas Surakarta

Abstract

Pada saat pelaksanaan proyek konstruksi sering terjadi ketidaksesuaian antara jadwal rencana dan realisasi di lapangan yang akan mengakibatkan pertambahan waktu pelaksanaan dan pembengkakan biaya pelaksanaaan sehingga memakan waktu dan biaya yang akan berpengaruh dalam penyelesaian proyek.
Metode pada penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Studi kasus penelitian ini dilakukan pada proyek Pembangunan Gedung Rumah Sakit Jiwa Jurug, yang bertujuan untuk menemukan biaya dan waktu optimal dengan metode time cost trade off. Pengambilan data dalam penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka.
Berdasarkan analisis dan wawancara penyebab keterlambatan proyek RSJ Jurug adalah perubahan addendum RAB, perubahan gambar, faktor cuaca. Hasil penelitian penggunaan metode time cost trade off yaitu pengerjaan selama 207 hari kerja dan rencana anggaran biaya proyek pembangunan gedung Rumah Sakit Jiwa Jurug adalah sebesar Rp16.619.772.520 berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kontraktor untuk mempertimbangkan mengunakan metode time cost trade off dalam membuat penjadwalan proyek.

Downloads

Published

2023-11-30

How to Cite

Yulia Ratih, S., Ningsih, R. ., & Primantari, F. L. (2023). ANALISIS OPTIMASI BIAYA DAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN GEDUNG DENGAN METODE TIME COST TRADE OFF (Studi Kasus: Gedung Rumah Sakit Jiwa Jurug). Surakarta Civil Engineering Review (SCER), 3(2), 1–6. Retrieved from https://ejurnal.unsa.ac.id/index.php/scer/article/view/179